5 Cara Menjaga Kehamilan Anda

cara menjaga kehamilan andaTahukah anda bahwa mengetahui cara menjaga kehamilan anda pada trisemester pertama itu amat sangat penting ? Dan tahukan anda bahwa kehamilan pada minggu minggu awal itu amat sangat rawan dan sangat penting untuk benar benar anda jaga ?

Jika anda tidak hati hati dalam menjaga kandungan anda, akibat yang paling parah adalah gugurnya janin anda, dan sebagai seorang calon ibu, tentunya anda tidak ingin hal ini terjadi.

Karenanya, amat sangat penting untuk menjaga kondisi janin anda, mulai dari minggu minggu awal sejak kehamilan anda terdeteksi, dan berikut rangkuman beberapa hal yang dapat anda lakukan sebagai cara menjaga kehamilan anda agar janin anda sehat dan selamat hingga saatnya dilahirkan.

Cara Menjaga Kehamilan Anda 1 – Hindari Aktifitas Yang Berat

cara menjaga kehamilan - aktifitas berat

Hindari Aktifitas Berat

Pada awal kehamilan, secara umum wanita hamil akan merasa mudah lelah, dan ada sebagian yang akan dengan mudah pingsan karena tekanan darah yang rendah. Oleh karena itu, sangat penting bagi ibu hamil untuk TIDAK melakukan pekerjaan yang berat, terutama pada awal awal kehamilan.

Jangan berdiri terlampau lama, dan jangan duduk terlalu lama juga. Usahakan istirahat anda cukup, karena terlalu lama berdiam diri akan membuta badan anda semakin tidak nyaman.

Cara Menjaga Kehamilan Anda 2 – Hindari Nikotin dalam Rokok dan Obat Kimia

cara menjaga kehamilan - hindari rokok

Jangan Merokok

Ini adalah hal yang sangat penting untuk dicermati karena nikotin dalam rokok mengandung racun yang dapat terserap paru paru dan menyebar melalui peredaran darah, yang akhirnya akan mempengaruhi perkembangan janin anda.

Bahkan beberapa laporan mengatakan bahwa, jika sang ibu merokok, maka ada kemungkinan bayi akan lahir tidak sempurna akan semakin tinggi.

Sementara itu, kafein juga direkomendasikan untuk dihindari karena akan mempengaruhi jumlah zat besi didalam darah, sehingga akan mengakibatkan anemia akut, yang juga berbahaya bagi sang ibu maupun janin.

Cara Menjaga Kehamilan Anda 3 – Jaga Asupan Nutrisi Penting Bagi Janin

cara menjaga kehamilan - jaga asupan nutrisi

Jaga Asupan Gizi

Tips berikutnya adalah, selalu dan senantiasa menjaga asupan gizi dan nutrisi yang menyehatkan yang masuk kedalam tubuh saat usia kehamilan anda masih muda.

Saat hamil muda, biasanya sang calon ibu akan dihinggapi rasa mual dan kehilangan nafsu makan, yang mana sebenarnya memang normal dan biasa terjadi pada semua ibu hamil.

Namun, sebagai calon ibu, hal ini TIDAK BOLEH diikuti karena walau bagaimanapun janin anda membutuhkan nutrisi untuk berkembang dengan sehat. Jadi meski anda tidak nafsu makan, harus dipaksa dengan cara apapun agar ada nutrisi yang masuk kedalam tubuh anda.

Entah dengan mengganti menu makan, atau dengan suplemen / susu, dll.

Cara Menjaga Kehamilan Anda 4 – Kelola Emosi Dengan Baik

cara menjaga kehamilan - jaga emosi

hindari stress

Berikutnya, anda sebagai ibu hamil, harus pandai mengelola emosi saat hamil muda. Sebab, saat hamil muda, biasanya ada kemungkinan besar akan mengalami apa yang dinamakan dengan YOYO Mood, dimana mood akan naik turun dan tidak stabil.

Hal ini disebabkan oleh hormon yang memang sedang tidak seimbang, yang mana harus dilawan dengan relaksasi, karena ibu yang stress akan mempengaruhi kesehatan janin.

Banyak-banyaklah beribadah, bersenda gurau dengan suami atau sesama, melihat film lucu, sampai melakukan relaksasi agar anda dapat mengusir stress dari pikiran anda. Ingat, janin anda akan ikut merasakan apa yang anda rasakan saat anda sedang stress.

Bagi anda yang sering menggunakan coklat sebagai pengubah mood, sebaiknya dihindari, karena kafein dalam coklat juga dapat membahayakan janin anda.

Cara Menjaga Kehamilan Anda 5 – Perihal Berhubungan Saat Hamil Muda

cara menjaga kehamilan - jangan berhubungan seks

hindari seks saat hamil muda

Terkait dengan hal ini, ada baiknya pada awal kehamilan, aktifitas tersebut dihentikan dahulu, karena bisa berbahaya terhadap janin anda.

Memang hubungan seks sangat dianjurkan pada umur kehamilan tua atau sesering mungkin sebagai salah satu cara cepat punya anak bagi mereka yang pengen cepat hamil, namun sangat tidak dianjurkan saat umur kandungan masih muda.

Sebaiknya konsultasikan hal ini dengan dokter kandungan terlebih dahulu.

Aktifitas seksual harus dilakukan secara hati-hati (bahkan ada sebagian orang yang memilih stop sementara) jika kehamilan tersebut sangat beresiko tinggi seperti keguguran, ada riwayat melahirkan premature, adanya pendarahan di dalam vagina, plasenta previa dan semacamnya.

Tips Cara Menjaga Kehamilan Anda dari Ahlinya

Demikian diatas, beberapa cara menjaga kehamilan anda agar tetap sehat sampai saatnya bayi anda lahir kedunia. Tips diatas, adalah tips yang banyak dianjurkan oleh para dokter dan bidan, yang memang telah kompeten dibidang ini.

Namun jika anda benar benar serius ingin menjaga kehamilan anda semaksimal mungkin, ada baiknya anda menyisihkan waktu dan tenaga anda untuk mendapatkan informasi yang lengkap tentang hal ini.

cara menjaga kehamilan - dr riyani limoa

dr Riyani Limoa SpOG

Dan satu hal yang saya rekomendasikan untuk anda adalah, membaca “Buku Panduan Lengkap Untuk Ibu Hamil” karya dr Riyani Limoa. Sebuah buku  panduan yang membahas lengkap tentang Cara Menjalani Masa Kehamilan dan Mempersiapkan Persalinan dengan lancar.

Buku Panduan ini, dapat anda lihat di halaman website dr Riyani  disini.

Dan saya harap, informasi cara menjaga kehamilan anda ini, dapat membantu anda menemukan solusi atau jawaban, dari masalah yang sedang anda alami saat ini. Salam =)

About Yunita Septiana

Ibu Yunita Septiana. Pernah mengalami masalah dengan program hamilnya, dan telah mengalami masa masa penting selama kehamilan. Dan artikel ini, merupakan hasil dari sedikit pengalaman beliau dalam usahanya menjadi seorang ibu.
This entry was posted in program hamil and tagged . Bookmark the permalink.